Breaking News
Home / Fakta / Larangan Membuat Bangunan di Atas Kubur

Larangan Membuat Bangunan di Atas Kubur

Bismillah
.
Larangan Membuat Bangunan di Atas Kubur
Larangan yang dimaksud adalah membuat bangunan atau rumah atau memasang kijing (marmer) di atas kubur.
Pertama, perkataan โ€˜Ali bin Abi Tholib,
Dari Abul Hayyaj Al Asadi, ia berkata, โ€œโ€˜Ali bin Abi Tholib berkata kepadaku, โ€œSungguh aku mengutusmu dengan sesuatu yang Rasulullah -shallallahu โ€˜alaihi wa sallam- pernah mengutusku dengan perintah tersebut. Yaitu jangan engkau biarkan patung (gambar) melainkan engkau musnahkan dan jangan biarkan kubur tinggi dari tanah melainkan engkau ratakan.โ€ (HR. Muslim no. 969).
Syaikh Musthofa Al Bugho -pakar Syafiโ€™i saat ini- mengatakan, โ€œBoleh kubur dinaikkan sedikit satu jengkal supaya membedakan dengan tanah, sehingga lebih dihormati dan mudah diziarahi.โ€ (At Tadzhib, hal. 95). Hal ini juga dikatakan oleh penulis Kifayatul Akhyar, hal. 214.
Kedua, dari Jabir, ia berkata,
ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุงูŽู”ู†ู’ ูŠูุฌูŽุตูŽู‘ุตูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽุงูŽู”ู†ู’ ูŠูู‚ู’ุนูŽุฏูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุงูŽู”ู†ู’ ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู
Dari Jabir, ia berkata, โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam melarang dari memberi semen pada kubur, duduk di atas kubur dan memberi bangunan di atas kubur.โ€ (HR. Muslim no. 970).
Kalam Syafiโ€™iyah
Matan yang cukup terkenal di kalangan Syafiโ€™iyah yaitu matan Abi Syujaโ€™ (matan Taqrib) disebutkan di dalamnya,
ูˆูŠุณุทุญ ุงู„ู‚ุจุฑ ูˆู„ุง ูŠุจู†ูŠ ุนู„ูŠู‡ ูˆู„ุง ูŠุฌุตุต
โ€œKubur itu mesti diratakan, kubur tidak boleh dibangun bangunan di atasnya dan tidak boleh kubur tersebut diberi kapur (semen).โ€ (Mukhtashor Abi Syujaโ€™, hal. 83 dan At Tadzhib, hal. 94).
Imam Nawawi rahimahullah berkata, โ€œYang sesuai ajaran Rasul โ€“shallallahu โ€˜alaihi wa sallamโ€“ kubur itu tidak ditinggikan dari atas tanah, yang dibolehkan hanyalah meninggikan satu jengkal dan hampir dilihat rata dengan tanah. Inilah pendapat dalam madzbab Syafiโ€™i dan yang sepahaman dengannya.โ€ (Syarh Shahih Muslim, 7: 35).
Imam Nawawi di tempat lain mengatakan, โ€œTerlarang memberikan semen pada kubur, dilarang mendirikan bangunan di atasnya dan haram duduk di atas kubur. Inilah pendapat ulama Syafiโ€™i dan mayoritas ulama.โ€ (Syarh Shahih Muslim, 7: 37).
Kredit penulis asal

About mai

Check Also

Kehidupan Kita Akan Lebih Baik Apabila

“Kehidupan Kita Akan Lebih Baik Apabila” 1 – Bangun daripada tidur sebelum subuh dan sempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *